Seperti biasa, sebelum pembelajaran dimulai, siswa membaca buku 15 menit yang akan dilanjutkan dengan menceritakan kembali buku yang dibaca.
Siswa yang menceritakan kembali buku bacaannya, ditunjuk secara acak oleh guru. Olehnya itu, tiap siswa harus siap jika ditunjuk oleh gurunya.
Awalnya, siswa yang ditunjuk untuk tampil pertama tidak bisa untuk menceritakan apa yang dibacanya. Karena lama, gurupun menyuruh kepada siswa yang mau menggantikan temannya untuk maju kedepan.
Guru: siapa yang mau menggantikan dodo untuk menceritakan buku yang
dibaca, kalau tidak ada yang menggantikan, kita tidak akan mulai
pembelajarannya!
Siswa: diam sejenak..........
Guru: ada yang mau maju kedepan?
Siswa: saya pak (dengan suara yang pelan)
Guru: nah.. Silahkan almirah,,(guru dengan senyum diwajahnya)
Siswa: tapi pak, tdk apa-apa kalau tidak semua sy certakan?
Guru: tidak apa-apa ji, yang penting kamu ingat apa yang tadi kamu baca, nda apa-apa pakai bahasa percakapan sehari-hari
Siswapun langsung berlari kedepan untuk menceritakan buku cerpen yang dibacanya. Dengan bahasa sehari-hari dan mudah dimengerti oleh siswa, membuat teman siswa lainnya berebut ingin ikut maju kedepan menceritakan kembali buku yang dibacanya
Guru: ekh,, besok lagi kita membaca nah,,kita lanjut ke pembelajaran selanjutnya,,hehehe
Note: Menceritakan kembali bukan menghafal apa yang dibaca siswa, namun seberapa ingat dan paham apa yang dibaca oleh siswa
Siswa: diam sejenak..........
Guru: ada yang mau maju kedepan?
Siswa: saya pak (dengan suara yang pelan)
Guru: nah.. Silahkan almirah,,(guru dengan senyum diwajahnya)
Siswa: tapi pak, tdk apa-apa kalau tidak semua sy certakan?
Guru: tidak apa-apa ji, yang penting kamu ingat apa yang tadi kamu baca, nda apa-apa pakai bahasa percakapan sehari-hari
Siswapun langsung berlari kedepan untuk menceritakan buku cerpen yang dibacanya. Dengan bahasa sehari-hari dan mudah dimengerti oleh siswa, membuat teman siswa lainnya berebut ingin ikut maju kedepan menceritakan kembali buku yang dibacanya
Guru: ekh,, besok lagi kita membaca nah,,kita lanjut ke pembelajaran selanjutnya,,hehehe
Note: Menceritakan kembali bukan menghafal apa yang dibaca siswa, namun seberapa ingat dan paham apa yang dibaca oleh siswa




0 Komentar