Header Ads Widget

Teacher and Trainer Pendidikan

SGI Sultra Melaksanakan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Program Master Teacher Batch 46 Kendari




Program SGI Master Teacher Angkatan 46 Kendari bekerjasama dengan Dompet Dhuafa Sultra kembali melaksanakan perkuliahan untuk materi kedua yaitu “Pembelajaran Berdiferensiasi” Minggu (16/10/2022). Perkuliahan ini dilaksanakan secara fullday  pada pukul 07.30-16.30 WITA di ruang kelas SMP Negeri 9 Kendari.

Meteri perkuliahan ini disampaikan oleh Guru Nisa yang merupakan aktivis SGI Sultra Angkatan 38 sekaligus juga sebagai Pengajar Praktik Guru Penggerak Angkatan 5. Kegiatan ini diikuti oleh 27 guru SD/MI Se-Kota Kendari.

Pembelajaran berdiferensiasi sebagai salah satu cara untuk mengakomodir kebutuhan belajar murid yang berbeda-beda karena setiap murid mempunyai karakteristik yang berbeda-beda pula. Oleh karena itu, guru tidak boleh memberikan perlakuan yang sama untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas dalam memenuhi kebutuhan belajar individu murid. 

“Setiap murid memiliki gaya belajarnya masing-masing, tugas kita sebagai seorang guru dalam menciptakan pembelajaran yang berpihak pada murid dengan mengakomodasi gaya belajarnya masing-masing siswa”. Jelas Guru Nisa saat memberikan materi pendahuluan.

“Sejalan dengan Pembelajaran berdiferensiasi yang akan memungkinkan guru memaksimalkan potensi peserta didik dengan meminimalisir kesenjangan belajar (learning gap) melalui proses identifikasi kebutuhan belajar murid yang tepat. Lewat pembelajaran berdiferensiasi, tidak hanya murid berkembang potensinya secara maksimal, namun proses pembelajaran juga akan lebih memberikan banyak ruang bagi murid untuk membuat dan menentukan pilihan dan memberikan suara, sehingga proses belajar akan menjadi lebih menyenangkan” Tambah Guru Nisa.

Dalam pelaksanaanya, perkuliahan ini lebih menekankan kerja kelompok para peserta dalam membuat rencana pembelajaran yang berdiferensiasi. Hal itu dilakukan agar peserta memiliki pengalaman langsung dalam mengidentifikasi karakteristik dan kebutuhan belajar murid.

Guru Isra sebagai pengelola program mengatakan “Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan para guru sehingga memiliki pemahaman yang berkembang secara terus menerus tentang kemajuan akademik murid-muridnya agar ia bisa merencanakan pembelajaran sesuai dengan kemajuan tersebut. Guru diharapkan dapat mengetahui dimana posisi murid-muridnya saat mereka akan belajar dan mengaitkannya dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Sedangkan Guru Rahmat sebagai Ketua Kelas SMT 46 Kendari, mengatakan bahwa sebaiknya dalam kegiatan ini pula diharapkan adanya penambahan durasi waktu karena materinya sangat menarik dan semakin dibahas semakin asyik. 

Perkuliahan SGI Master Teacher 46 selanjutnya akan membahas materi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan para guru dalam melaksanakan tugasnya di sekolah masing-masing.


 


Posting Komentar

0 Komentar