Header Ads Widget

Teacher and Trainer Pendidikan

Coaching Hari Ketiga: Strategi Berbagi Dalam Memanfaatkan Media Sosial



Coaching hari ketiga (04/11/2021) dengan tema “Strategi Berbagi Dalam Memanfaatkan Media Sosial”.  Dalam berbagi praktik baik, perlu memiliki strategi yang tepat dalam memilih media yang digunakan. Di sesi coaching kali ini, kami diberikan tips dan trik bagaimana memanfaatkan media sosial untuk berbagi.

Namun sebelum memasuki materi tersebut, ada presentasi dari dari tiap kelompok peserta untuk menjelaskan sub tema yang akan digunakan ketika berkolaborasi dalam kelompok. Dalam sub tema ini harus menyinggung kearifan lokal dari daerah yang telah disepakati bersama.


Olehnya itu, di kelompok saya telah menyepakati akronim kearifan lokal pariwisata yang berasal dari Kab. Konawe Kepulauan yaitu Pantai Kampa. Pantai Kampa menjadi salah satu tempat wisata terindah di Pulau Wawonii. Berkat pasir putih yang indah dan air jernih, wisatawan bisa merasa dimanjakan dengan meluangkan waktu di lokasi ini. 



Ini juga merupakan tempat yang menyegarkan karena banyak pohon kelapa tumbuh melimpah di dekat pantai. Itu berarti pengunjung bisa duduk dan rileks saat meminum minuman kelapa segar di bawah pohon tersebut. Dengan berbagai potensi wisata yang ada, ini menjadi alasan kami untuk memperkenalkannya ke khalayak ramai melalui sub tema sosialisasi portal rumah belajar dari kelompok kami yaitu “Strategi Pemanfaatan KAMPA (Kelas Maya Dalam Pembelajaran Aktif) Untuk Menyonsong Pendidikan Abad 21”.


Setelah paparan dari berbagai kelompok, tibalah waktunya untuk mendengarkan materi mengenai “Strategi Berbagi Dalam Memanfaatkan Media Sosial’ yang disampaikan oleh Ibu Sitti Novi Ninarman sebagai Duta Rumah Belajar Sultra 2019. 



Pada prinsipnya pemanfaatan media sosial untuk berbagi itu tergantung kebutuhan dan pilihan masing-masing. Pemanfaatan media sosial untuk berbagi dikatakan efektif, jika pesan/informasi/ data/ konten yang akan disampaikan  ke orang lain, dapat tersampaikan dan dipahami oleh penerima pesan. 


Menurut Yulianita, Neni & Ninok Leksono (2011), pengelompokkan varian/jenis media sosial, terbagi atas 6 jenis, yaitu: Collaborative project, Blog dan microblog, Content communities, Social Networking Sites, Virtual game world dan Virtual Social Worlds. Pemilihan aplikasi media sosial yang akan digunakan sebagai sarana berbagi termasuk dalam proses pembelajaran, sangat bergantung pada kategori type media konten yang akan dibagi ke sesama pengguna sosial media, meliputi : konten berbasis teks, audio, visual/gambar/foto/grafis, audio visual/video, dan animasi.


Strategi utama dalam berbagi (sharing) dengan memanfaatkan media sosial adalah “Think twice Before Share”(Berpikir dua kali sebelum berbagi). Jangan asal share, pikirkan terlebih dahulu:1.

1. Tujuan sharing →menentukan materi dan teknik sharing

2. Sasaran berbagi → media dan metode

3. Penyiapan materi →(kemasan, kebenaran isi, kegunaan, nilai/value/kebaikan)

4. Pilihan jenis dan aplikasi media sosial

5. Teknik berbagi→kolaborasi komunitas berbagi, kolaborasi beberapa media sosial, kolaborasi dengan teknologi komunikasi yang lai

6. Sikap berbagi memanfaatkan media sosial →(Netiket dan responsif terhadap tanggapan)

Selain materi yang disampaikan oleh Ibu Sitti Novi Ninarman, kami juga diberikan tips dan trik dalam membuat konten video yang baik oleh mentor dari Pusdatin Kemdikbudristek yaitu Ibu Yessi Aprilia dan Bapak Zainuddin Nasution.


Dalam membuat sebuah video ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  1. Perhatikan Audio

Jika videonya ingin terlihat menarik maka gunakanlah audio yang paling baik dan menarik untuk didengar

  1. Setting Kamera

Sesuaikan setting kamera jika berada di dalam dan luar ruangan

  1. Lighting

Jika hanya menggunakan lampu ruangan, hasilnya cenderung akan rata dan tidak fokus pada objek. Olehnya itu, gunakanlah lighting yang baik


Banyak media sosial yang dapat digunakan seperti Blog/microblog, Komunitas konten (Youtube), Situs jejaring sosial (FB, WA, Telegram, IG), dan Podcast. Namun yang harus dipahami adalah tidak semua media sosial efektif digunakan. Semua tergantung dari siapa sasarannya, apa tujuannya serta konten apa yang akan kita bagi. Namun satu hal yang harus diingat adalah Gunakanlah media sosial untuk hal yang positif. Salam SRB Sultra Tangguh.


Materi ini dapat di download pada Modul 14 Stratergi Berbagi Memanfaatkan Media Sosial


Daftar Rujukan

  1. Yulianita, Neni & Ninok Leksono. (2011). Corporate and Marketing Communication. Bandung: Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi.

#Pembatik2021

#PembatikLevel4

#PusdatinKemdikbudristek

#RumahBelajar

#DutaRumahBelajar

#SahabatRumahBelajar






Posting Komentar

3 Komentar