Header Ads Widget

Teacher and Trainer Pendidikan

BERBAGI PRAKTIK BAIK PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN EDUGAME PADA PROSES PEMBELAJARAN

 


Sumber Belajar dan Edugame menjadi fitur yang kini sangat diminati oleh  para guru. Hal ini dikarenakan banyaknya video ataupun game edukasi yang dapat digunakan oleh para guru dalam proses pembelajarannya. Materi pembelajaran disampaikan dengan menggunakan sumber belajar ataupun edugame mampu menarik minat dan perhatian siswa. 


Praktik baik yang pernah saya lakukan terkait pemanfaatan sumber belajar dan edugame  dalam proses pembelajaran menjadi topik yang baik untuk dibagikan kepada guru-guru yang lain khususnya dalam pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Saya mendapatkan kesempatan itu  untuk berbagi di pelatihan Sekolah Guru Indonesia Sulawesi Tenggara pada Minggu, 23 Oktober 2022 di SMPN 9 Kendari.



Peserta berjumlah sebanyak 30 guru SD/MI yang berasal berbagai kabupaten, diantaranya adalah Kota kendari, Kab. Konawe Selatan, Kab. Konawe Kepulauan, dan Kab. Kolaka Timur. Kegiatan ini bertajuk Diseminasi dengan memberikan contoh bagaimana memanfaatkan fitur rumah belajar khususnya sumber belajar dan edugame. Namun sebelum melakukan itu, peserta diperkenankan terlebih dahulu untuk mengunduh aplikasi rumah belajar di playstore dan diperkenalkan pula fitur-fitur yang ada pada portal rumah belajar.



Hal itu dilakukan karena para peserta banyak yang belum mengetahui apa itu aplikasi rumah belajar dan bagaimana pemanfaatannya dalam proses pembelajaran. Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran daring yang dikembangkan oleh Kemdikburistek dengan konten pembelajaran yang disediakan berbasis audio, video, gambar, dan animasi yang disajikan secara interaktif. Walaupun secara online, media pembelajaran yang ada di rumah belajar dapat diunduh dan digunakan secara offline


Setelah penjelasan mengenai  portal rumah belajar, para peserta diperlihatkan video praktik baik terkait pemanfaatan sumber belajar dan edugame dalam proses pembelajaran. Penjelasan lebih ke langkah-langkah kegiatan pembelajaran dengan mengintegrasikan sumber belajar sebagai media pembelajaran berupa video pembelajaran yang harus disimak oleh peserta didik dan menjadi rujukan untuk menjawab soal LKPD yang dibagikan oleh guru. Sedangkan edugame digunakan diakhir sebagai evaluasi yang menyenangkan untuk siswa.



Dalam pelaksanaannya, peserta sangat tertarik untuk berbagi video pembelajaran yang mereka buat untuk dapat termuat di rumah belajar. Beranjak dari hal itu, peserta juga diperkenalkan platform merdeka mengajar (PMM) dengan fitur Bukti Karya yang mampu menjadi wadah guru dalam berbagi praktik baik berupa gambar, dokumen maupun video yang praktiknya telah guru laksanakan di kelasnya.


Dikahir para peserta melakukan refleksi dengan mengisi link google form. Refleksi ini menjadi bahan sejauh mana hasil belajar tercapai serta dapat digunakan untuk peninjauan pada suatu kelas sehingga mendapatkan gambaran kondisi dari sebuah kelas.



Vlog kegiatan dapat dilihat pada video di bawah ini:





#PusdatinKemendikbudristek

#MerdekaBelajar 

#PembaTIK202 

#DutaTeknologiKemendikbudristek 

#RumahBelajar2022  

#PlatformMerdekaMengajar 

#BerbagiTIK 



Posting Komentar

0 Komentar